Automasi ada di mana-mana, mulai dari mobil otonom hingga chatbot, dan inovasi teknologi dalam dekade mendatang akan berpusat pada otomatisasi tugas-tugas harian kita. Perubahan ini akan memiliki dampak signifikan pada industri perhotelan dan berkontribusi pada munculnya hotel pintar atau smart hotel.
Otomasi hotel pintar menggunakan perangkat Internet of Things (IoT) untuk menyederhanakan operasional. Dengan teknologi IoT, banyak perangkat dapat mengirim dan menerima data dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
Dengan semakin mudahnya konektivitas internet dan kemampuan komunikasi, tamu hotel pintar dapat menikmati manfaat dari teknologi baru ini. Selain itu, manajemen hotel, pemilik, dan pemangku kepentingan dapat menyederhanakan operasional dengan kekuatan teknologi audio visual (AV).
Baca Juga:
Panduan Video Wall: Maksimalkan Bisnis Anda dengan Dampak Visual
Manfaat Interactive Flat Panel Display dalam Meeting dan Kelas
Manfaat Utama Konferensi Video dalam Pendidikan
Bagaimana Desain AV yang Buruk Dapat Mempengaruhi Perusahaan Anda
Hotel pintar semakin populer. Alasan utama untuk pertumbuhan yang pesat ini yaitu dengan munculnya “ekonomi pengalaman”, yang didefinisikan sebagai konsumsi pengalaman yang meningkatkan kehidupan konsumen. Teknologi AV modern memiliki kekuatan untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan dan berkesan bagi tamu sambil mengurangi beban kerja bagi staf hotel. Hotel pintar menawarkan manfaat berikut bagi tamu, karyawan, dan pemilik hotel:
Hotel pintar memanfaatkan teknologi untuk menawarkan pengalaman yang lebih nyaman dan personal bagi tamu. Dengan fitur check-in melalui ponsel dan akses kunci tanpa kontak, tamu dapat melewati front desk dan langsung menuju kamar mereka. Perangkat pintar di dalam kamar memungkinkan tamu dengan mudah mengontrol pencahayaan, suhu, dan sistem hiburan, sesuai preferensi mereka.
Dengan memanfaatkan teknologi pintar, hotel dapat menawarkan layanan tamu yang lebih baik. Misalnya, tamu dapat menggunakan aplikasi seluler atau tablet di dalam kamar untuk memesan layanan kamar, housekeeping, atau bantuan concierge. Chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dapat memberikan respon instan terhadap pertanyaan tamu dan merekomendasi pilihan tempat makan.
Hotel pintar menggabungkan sistem dan perangkat hemat energi untuk mengurangi dampak lingkungan dan biaya operional. Sensor dan teknologi otomatisasi mengatur pencahayaan sistem HVAC berdasarkan tingkat hunian, untuk mengoptimalkan konsumsi energi. Aspek keberlanjutan ini menarik bagi wisatawan yang peduli lingkungan.
Pemilik hotel pintar dapat memanfaatkan teknologi audio visual dengan berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman tamu mereka, seperti pengalaman tanpa hambatan mulai dari check-in hingga check-out.
Baca Juga:
Pentingnya Peralatan Audio Visual dalam Video Konferensi
Informasi Harga Billboard Digital LED dan Biaya Terkait Pemasangannya
Definisi Videotron: Alat Komunikasi yang Menarik dan Dinamis
Contoh Signage dan Fungsinya dalam Berkomunikasi dan Pemasaran
Digital Signage: Mengubah Komunikasi dan Keterlibatan di Era Digital
Mengoptimalkan Audio Visual untuk Ruang Kontrol yang Efektif
Jika Anda ingin menciptakan hotel pintar dengan teknologi AV, teknologi inovatif berikut dapat membantu Anda menyederhanakan operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tamu hotel:
Check-in tanpa kontak, juga disebut “check-in melalui ponsel,” semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Tamu dapat menggunakan teknologi ini untuk check-in dan checkout dengan sedikit bantuan dari staf. Solusi check-in tanpa kontak memungkinkan Anda mengumpulkan lebih banyak informasi tentang tamu Anda dan memanfaatkan data tersebut untuk mengoptimalkan pengalaman mereka. Sementara itu, checkout tanpa kontak memudahkan tamu untuk meminta checkout lebih lambat, menyederhanakan operasional bagi departemen housekeeping. Solusi checkout tanpa kontak juga dapat mendorong tamu untuk meninggalkan ulasan. Kecepatan dan kemudahan teknologi check-in dan checkout tanpa kontak meningkatkan kepuasan tamu dan mendorong tingkat kunjungan ulang.
Baca Juga:
Meningkatkan Efisiensi dan Kolaborasi dengan Sistem Audio Visual untuk Command Center
Manfaat dari Penggunaan Papan Tulis Interaktif
Perangkat Audio Visual yang Cocok untuk Meeting Room
Pentingnya Konferensi Video dalam Pendidikan Secara Online
Penerapan Audio Visual untuk Smart Classroom
Peran dan Tugas Teknisi Audio Visual (AV)
Apa yang Dimaksud dengan Interactivity
Apa itu FHD (Full High Definition)
Laporan terbaru menyatakan bahwa 89% konsumen lebih suka berkomunikasi dengan bisnis melalui pesan teks. Berikut beberapa manfaat ketika tamu dapat berkomunikasi dengan staf Anda melalui pesan teks:
Hotel pintar dapat menggunakan teknologi IoT untuk memfasilitasi pengendalian kamar secara otomatis. Teknologi ini memungkinkan pengguna mengontrol AC, pemanas, dan pencahayaan dengan satu titik kontrol. Selain itu, perangkat IoT juga dapat secara otomatis merespon perubahan lingkungan.
Misalnya, kontrol room automation memungkinkan pemanasan secara otomatis dimulai ketika suhu kamar turun menjadi suhu tertentu dan kemudian mati ketika suhu kamar mencapai suhu tertentu lainnya. Pengendalian otomatis kamar dengan sensor yang diaktifkan oleh IoT juga meningkatkan efisiensi energi dengan menyesuaikan pencahayaan atau suhu sesuai tingkat hunian.
Data dari Statista menemukan bahwa 4,2 miliar asisten suara digital digunakan di seluruh dunia pada tahun 2020, dan angka ini diperkirakan akan mencapai 8,4 miliar pada tahun 2024. Speaker pintar membuat integrasi teknologi pengenalan suara menjadi mudah bagi mereka yang berkecimpung di industri perhotelan. Tamu di hotel pintar dapat menggunakan speaker ini dengan berbagai cara.
Studi menunjukkan bahwa rata-rata tamu hotel menghabiskan 12 hingga 15 menit mencoba memahami cara mengoperasikan TV, pencahayaan, termostat, dan kontrol lainnya di dalam kamar. Teknologi yang diaktifkan suara menyederhanakan pengalaman tamu dan mengurangi friksi yang mungkin terjadi ketika tamu belajar menggunakan fasilitas tersebut. Dengan kontrol yang diaktifkan suara, tamu hotel dapat memiliki kontrol yang lebih baik saat mereka menghabiskan waktu di hotel pintar Anda.
Hotel pintar juga dapat menawarkan layanan AI Concierge berbasis suara. Dengan alat-alat ini, tamu dapat menggunakan agen virtual untuk menerima rekomendasi restoran atau reservasi spa. Saat teknologi AI menangani tugas-tugas ini, staf front desk dapat mengarahkan upaya mereka untuk membangun hubungan dengan tamu hotel.
Jika Anda ingin memanfaatkan kekuatan teknologi AV, Pro AV menawarkan bantuan profesional dan dukungan implementasi yang dibutuhkan. Kami memiliki alat dan keahlian untuk membantu memaksimalkan bisnis hospitality Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi AV yang tersedia, silakan hubungi kami melalui whatsapp atau email. Kami senang membahas kebutuhan spesifik Anda dan merekomendasikan solusi yang tepat sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda.
Baca Juga:
Buat Resto Anda Jadi Lebih Ciamik dengan Display Digital Signage
Apa yang Dimaksud Dengan Integrator Audio Visual
Apa yang dimaksud dengan Wall Display LED
Cara Memanfaatkan Konferensi Video Secara Maksimal
Manfaat dari Penggunaan Video Wall
Bagaimana Cara Pengaturan Video Wall
9 Tips pembuatan konten digital signage
Konferensi Video untuk Kebutuhan Bisnis
Apa yang Dimaksud dengan Digital Signage, dan Bagaimana Perangkat ini Mampu Mendongkrak Bisnis Anda
Leave a Reply