logo ProAV
outdoor digital signage

Apa yang Dimaksud dengan Digital Signage, dan Bagaimana Perangkat ini Mampu Mendongkrak Bisnis Anda

September 13, 2022Categories: .

Dengan meningkatnya popularitas konten digital dinamis, semakin banyak dunia bisnis yang mengadopsi digital signage interaktif. Namun, apa sih yang dimaksud dengan digital signage dan bagaimana memanfaatkannya?

Signage Digital

Digital signage atau kerap disebut reklame elektronik, mengacu pada teknologi display seperti video wall, proyeksi dan monitor LCD yang mampu menampilkan halaman web, video, petunjuk arah, menu restoran, pesan pemasaran, atau gambar digital dengan jelas.

Fungsi digital signage dalam lingkungan yang berbeda — ruang publik, museum, arena olahraga, gereja, gedung akademik, toko ritel, perusahaan dan restoran — yaitu untuk menampilkan denah gedung, menampilkan informasi, promo pemasaran, iklan, dll.

Baca Juga:

Parah, Gegara Digital Signage Salah Config, Ribuan McDonald’s di Seluruh Dunia Merugi
Digital Signage: 12 Cara Mendorong Keterlibatan
Apa Itu Introvert dan Kaitannya dengan Digital Signage

Contoh-contoh Signage Digital

Digital signage dapat digunakan sebagi display informasi, menyampaikan komunikasi internal atau berbagi informasi produk, promosi, dan pengenalan merek. Ini cara ampuh untuk mempengaruhi perilaku dan pengambilan keputusan pelanggan, sekaligus meningkatkan pengalaman konsumen melalui layar interaktif.

Pengaplikasian Signage Digital

Promosi

Display signage digital merupakan sarana yang tepat untuk menampilkan promosi, layanan, acara dan produk. Karena layar multimedia juga menggunakan video dan animasi selain grafik statis, pengiklan dapat menggabungkan konten iklan statis, demo produk, video testimonial, dll. Toko ritel merupakan tempat paling umum di mana digital signage digunakan.

Info Layanan

Meskipun menu konvensional atau layar statis masih sering digunakan, Anda dapat secara artistik menampilkan info layanan di display digital. Dengan digital signage, tempat-tempat seperti restoran, salon, spa, bengkel mobil, dan studio kebugaran dapat menampilkan konten dan informasi secara dinamis.

Kutipan Inspirasional

Digital signage tidak harus berupa iklan. Anda juga dapat menginformasikan, menghibur, dan menginspirasi pelanggan dengan konten tulisan yang menginspirasi. Dengan kutipan inspirasional, Anda dapat membuat digital signage lebih menarik — yang akan langsung meningkatkan mood pengunjung. Tempat-tempat seperti pusat kebugaran, rumah sakit, serta kantor dapat memanfaatkan kutipan inspirasional guna meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan yang kondusif.

Formulir & Game Interaktif

Siapa bilang display digital hanya terbatas menampilkan informasi tertentu saja? Dengan digital signage interaktif, pengguna dapat memilih konten, bermain game, dan bahkan berlangganan buletin email. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan informasi penting yang nantinya dapat digunakan dalam aktivitas marketing.

Berita dan Media Sosial

Hadirkan dunia online ke dalam kantor dengan media sosial yang terintegrasi dengan digital signage. Sinkronkan display dengan feed Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mendorong brand ke dunia nyata. Dengan begitu, follower Anda berkesempatan melihat kontribusi mereka ditampilkan secara real time, dan konten Anda menjadi sumber informasi yang disambut baik.

Memo Perusahaan

Daripada mengirim email atau memo kertas, Anda dapat berbagi update melalui layar digital yang dipasang di area karyawan/staf seperti lounge dan ruang istirahat. Cara ini tidak hanya cepat dan efisien tapi juga meningkatkan komunikasi dan moral di tempat kerja. Dibandingkan teks yang ditulis di atas kertas, orang cenderung lebih memperhatikan konten berbasis visual yang menarik.

Kalender & Jadwal Acara

Hotel, pusat perbelanjaan, universitas, kantor, tempat hiburan, dan fasilitas kesehatan dapat memanfaatkan konten digital untuk berbagi jadwal acara. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapat informasi tentang aktivitas sehari-hari sambil menghemat waktu staf Anda yang sebelumnya dihabiskan untuk menjawab pertanyaan yang berulang.

Peta (Anda di sini!)

Masih banyak bisnis yang menggunakan peta statis untuk memandu orang ke tujuan mereka. Namun, peta ini tidak fleksibel dan perlu diperbarui dan diterbitkan ulang setiap kali ada perubahan. Selain itu, infornmasi yang ditampilkan juga sifatnya standar dan statis.

Peta digital jauh lebih mumpuni, serbaguna, dan terjangkau. Anda dapat memperbarui peta secara real-time dan menggunakan fitur interaktif untuk memberikan arahan khusus berdasarkan input pelanggan.

Direktori

Konten digital signage merupakan resource penting dalam organisasi modern. Selain membantu orang bernavigasi, direktori juga memudahkan mereka untuk mengakses apa yang mereka butuhkan. Memasukkan direktori ke dalam digital signage merupakan cara ampuh membantu pengunjung mendapatkan apa pun yang mereka butuhkan dengan cepat.

Dengan direktori digital, pengguna bisa dengan mudah mengetahui tempat tujuannya. Mereka hanya perlu memasukkan nama, memfilter opsi, dan langsung mendapatkan informasi spesifik yang dibutuhkan.

Keadaan Darurat

Jika terjadi keadaan darurat, Anda harus segera memberi tahu seluruh staf. Namun, akan menyulitkan jika Anda tidak memiliki strategi komunikasi yang andal. Dengan bantuan digital signage, Anda bisa merencanakan komunikasi darurat yang komprehensif dan memperbarui informasi di berbagai layar di seluruh fasilitas Anda. Pesan penting atau darurat bisa langsung didistribusikan secara mudah dan efisien.

Baca Juga:

Memahami Tuntutan Generasi Z dalam Bisnis dan Hubungannya dengan Digital Signage
Digital Signage: Mengubah Komunikasi dan Keterlibatan di Era Digital

Mencari Solusi Signage Digital yang Tepat

Jika Anda tertarik untuk menerapkan digital signage, ada beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu:

– Berapa banyak layar yang ingin dipasang?
– Jenis konten apa yang akan ditampilkan?
– Berapa anggarannya?

Beberapa aspek yang perlu dibahas:

Instalasi: Mitra instalasi Anda akan melakukan survei lokasi.
Perangkat Keras: termasuk display, bracket, kabel, dan item pendukung lainnya.
Perangkat Lunak: Sistem manajemen konten dan manajemen perangkat.
Jaringan: Bagaimana perangkat akan terhubung ke sistem.
Konten Digital: apa yang akan Anda tampilkan di layar.

Proyek digital signage harus direncanakan dan dilaksanakan oleh profesional, terutama jika proyek Anda memiliki ruang lingkup yang rumit. Audio visual integrator dapat mengidentifikasi kelayakan dari tujuan Anda, menyarankan teknologi yang tepat, dan memastikan pemasangan yang proper.

Catatan tentang Biaya

Banyak bisnis menghindari penggunaan digital signage dengan asumsi terlalu mahal. Namun, kemajuan teknologi telah membuat perangkat ini jauh lebih terjangkau.

Penggunaan digital signage memiliki segudang manfaat. Dengan signage digital, segala informasi bisa disampaikan dengan cara yang jelas, menghibur, dan sekaligus menarik. Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan pesan pemasaran Anda, mulailah dengan perangkat digital signage.

Baca Juga:

9 Tips pembuatan konten digital signage
Buat Resto Anda Jadi Lebih Ciamik dengan Display Digital Signage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

+6281213395757