logo ProAV
12-cara-meningkatkan-engagement

Digital Signage: 12 Cara Mendorong Keterlibatan

February 7, 2024Categories: .

Digital signage telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Dari pusat perbelanjaan dan bandara hingga restoran dan gedung perkantoran, layar dinamis ini terus-menerus menarik perhatian kita. Namun, sekadar memasang digital signage saja tidak cukup untuk menarik dan mempertahankan perhatian orang yang lewat. Untuk benar-benar terhubung dengan audience Anda, penting untuk menerapkan strategi dan teknik yang efektif. 12 langkah ini telah dikurasi dengan cermat oleh para ahli di industri papan reklame digital, dan ditujukan untuk membantu bisnis dan organisasi dari semua ukuran memaksimalkan dampak dan efektivitas papan reklame digital mereka. Entah Anda pemilik bisnis yang ingin menarik lebih banyak pelanggan, atau pemasar yang ingin meningkatkan kesadaran merek, 12 langkah ini akan memberi Anda informasi yang diperlukan untuk membuat konten yang menarik dan berkesan.

identifikasi-minat

Identifikasi minat target audience Anda

Memahami minat target audience Anda sangat penting dalam mendorong keterlibatan pada digital signage. Dengan mengidentifikasi minat mereka, Anda dapat menyesuaikan konten dan pesan agar dapat diterima oleh mereka secara efektif. Mulailah dengan melakukan riset pasar untuk mengumpulkan wawasan tentang apa yang calon konsumen cari/butuhkan. Manfaatkan survei, wawancara, dan analisis data untuk mengungkap preferensi, perilaku, dan demografi mereka. Selain itu, manfaatkan social listening untuk memantau percakapan dan tren yang terkait dengan industri Anda. Menganalisis temuan ini akan memudahkan Anda mengidentifikasi minat dan kebutuhan spesifik audience Anda, menyesuaikan konten yang menarik dan relevan yang akan menarik perhatian mereka dan mendorong interaksi dengan perangkat signage. Ingat, pemahaman mendalam tentang minat adalah kunci keberhasilan untuk melibatkan mereka dengan konten reklame digital Anda.

Memahami Tuntutan Generasi Z dalam Bisnis dan Hubungannya dengan Digital Signage

Gunakan konten yang menarik dan relevan

Gunakan konten yang menarik dan relevan dalam upaya mendorong keterlibatan melalui LED signage. Konten yang menarik akan menarik perhatian dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan display. Kreativitas dan inovasi dalam merancang konten yang menarik adalah kunci untuk membedakan diri Anda dari pesaing. Selain itu, pastikan konten yang Anda sajikan relevan dengan kebutuhan dan minat target audience Anda. Melalui penelitian dan analisis yang cermat, identifikasi minat dan preferensi calon konsumen, kemudian gunakan informasi ini untuk merancang konten yang relevan.

9 Tips pembuatan konten digital signage

Jaga agar pesan tetap ringkas dan jelas

Untuk mencapai efektivitas maksimal dari penggunaan digital signage, ada baiknya menjaga pesan Anda tetap ringkas dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau informasi yang berlebihan, karena dapat membuat pesan Anda sulit untuk dibaca dengan cepat. Sederhanakan pesan Anda menjadi poin-poin yang dapat dipahami dengan mudah dan komunikasikan dengan jelas apa yang ingin Anda sampaikan. Gunakan kalimat singkat dan langsung ke intinya agar pesan Anda dapat dipahami secara instan oleh orang yang melihatnya. Dengan menjaga pesan tetap ringkas dan jelas, Anda akan memaksimalkan potensi display Anda untuk menarik perhatian dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya.

Gunakan elemen interaktif bila diperlukan

Pertimbangkan penggunaan elemen interaktif bila diperlukan. Elemen interaktif dapat meningkatkan keterlibatan penonton, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan berkesan. Namun, hanya gunakan elemen-elemen ini secara terarah dan strategis. Pelajari pesan yang ingin Anda sampaikan dan tentukan apakah interaktivitas akan menambah value pada konten Anda. Baik itu layar sentuh, sensor gerak, atau kode QR, menggabungkan elemen interaktif dapat mendorong partisipasi penonton dan menciptakan pengalaman yang lebih dinamis. Dengan memanfaatkan interaktivitas di saat yang tepat, Anda dapat secara efektif menarik perhatian orang dan menciptakan kesan abadi.

Apa yang Dimaksud dengan Interactivity

Memasukkan feed media sosial

Dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan keterlibatan pada perangkat LED Anda, penggunaan feed media sosial dapat menjadi langkah yang efektif. Dengan memanfaatkan konten yang ada di platform media sosial yang relevan dengan bisnis, Anda dapat memperluas jangkauan pesan dan membangun interaksi lebih langsung dengan audience Anda. Dengan memasukkan feed media sosial, Anda memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat konten terbaru, seperti postingan, gambar, atau video dari akun media sosial yang Anda kelola. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan menciptakan pengalaman yang lebih dinamis serta aktual. Pastikan untuk memilih konten yang relevan, menarik, dan sesuai dengan tujuan Anda dalam mengomunikasikan pesan dan membangun hubungan dengan audience Anda.

tombol-tindakan

Menerapkan tombol ajakan bertindak

Untuk lebih meningkatkan keterlibatan pada digital signage, penerapan tombol ajakan bertindak/call to action merupakan ide brilian. Tombol-tombol ini berfungsi sebagai petunjuk bagi pemirsa untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar buletin, mengunjungi situs web, atau melakukan pembelian. Dengan menempatkan tombol-tombol ini secara strategis di seluruh konten reklame digital, Anda dapat memandu mereka menuju interaksi dan konversi yang diinginkan. Buat tombol yang menarik secara visual, menonjol, dan menyampaikan tindakan yang diinginkan dengan jelas. Selain itu, pastikan ajakan bertindak selaras dengan tujuan marketing secara keseluruhan dan memberikan alasan kuat bagi pemirsa untuk mengambil langkah berikutnya.

Jadwalkan konten secara strategis

Penjadwalan konten secara strategis juga penting untuk meraih tingkat keterlibatan yang tinggi. Dengan merencanakan konten yang akan ditampilkan pada waktu dan tempat yang tepat, Anda dapat memaksimalkan dampak visual dan pesan yang disampaikan kepada pemirsa. Pertimbangkan target audience Anda, tujuan kampanye, dan tren pasar saat menentukan jadwal konten. Selain itu, manfaatkan data analitik untuk melacak kinerja konten dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Perbarui konten digital signage secara konsisten

Untuk mencapai efektivitas yang optimal, selalu perbarui konten digital signage Anda. Dengan menghadirkan konten yang segar dan relevan secara teratur, Anda dapat menarik perhatian pemirsa dan mempertahankan minat mereka. Update konten dengan informasi terbaru, promosi khusus, atau bahkan konten yang menghibur. Jangan lupa, konten yang diupdate harus mencerminkan brand dan sesuai dengan tujuan kampanye yang ditetapkan sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat membangun kepercayaan dan kesetiaan pemirsa serta meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten yang Anda tampilkan.

Analisis data dan sesuaikan

Dengan melakukan analisis rutin terhadap data yang dikumpulkan dari interaksi pemirsa, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang preferensi dan kebutuhan mereka. Dengan memahami apa yang paling menarik bagi mereka, Anda dapat mengoptimalkan konten yang ditampilkan dan menghasilkan pengalaman yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.Melalui analisis data, Anda juga dapat mengidentifikasi pola-pola perilaku dan tren yang dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam merancang kampanye marketing.

Berkolaborasi dengan departemen/tim lain

Dalam tim yang terdiri dari berbagai keahlian, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan dan wawasan mereka untuk menciptakan konten yang lebih menarik dan relevan. Misalnya, dengan bekerja sama dengan tim pemasaran, Anda dapat menggabungkan strategi pemasaran yang kuat dengan konten untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih besar. Selain itu, berkolaborasi dengan tim IT dapat membantu memastikan perangkat berfungsi dengan baik dan aman. Dengan berbagi pengetahuan dan berkolaborasi dengan departemen atau tim lain, Anda dapat meningkatkan efektivitas digital signage dan memaksimalkan dampaknya terhadap pemirsa Anda.

lokasi-signage

Pertimbangkan lokasi dan penempatannya

Lokasi digital signage merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan kampanye Anda. Pertimbangkan lalu lintas pengunjung, visibilitas, dan tujuan komunikasi Anda dalam memilih lokasi yang tepat. Misalnya, jika Anda ingin menarik perhatian calon pelanggan yang lewat dengan kendaraan, memasang videotron outdoor di dekat jalan raya yang sibuk dapat menjadi pilihan yang cerdas. Selain itu, perhatikan juga faktor-faktor seperti pencahayaan, kemudahan akses, dan tata letak ruang fisik yang akan mempengaruhi pandangan dan daya tariknya.

Jangan membebani dengan informasi.

Hindari membebani pemirsa dengan terlalu banyak informasi pada layar videotron. Terkadang, Anda tergoda untuk mengisi sebanyak mungkin informasi agar pemirsa tertarik. Namun, hal ini dapat berefek sebaliknya dan menyebabkan kelelahan visual dan ujung-ujungnya kehilangan minat. Sebagai gantinya, fokus pada pesan yang jelas dan ringkas yang dapat dengan mudah dipahami oleh pemirsa dalam waktu singkat. Gunakan elemen visual yang menarik dan konten yang relevan untuk menarik perhatian, namun tetap beri ruang pernapasan agar pemirsa dapat memproses informasi dengan mudah.

12 langkah ini dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda secara keseluruhan. Dengan memahami target audience Anda, membuat konten yang menarik secara visual, dan memanfaatkan fitur interaktif, Anda dapat secara efektif menarik perhatian orang yang lewat dan membuat mereka terlibat. Ingatlah untuk memperbarui konten Anda secara rutin dan mengumpulkan data untuk terus meningkatkan dan menyesuaikan konten Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat menciptakan pengalaman yang dinamis dan menarik bagi pemirsa Anda, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan potensi pertumbuhan bisnis.

FAQ

Bagaimana bisnis dapat menggunakan digital signage secara efektif untuk menarik perhatian dan mendorong keterlibatan?

Bisnis dapat menggunakan display interaktif secara efektif dengan memanfaatkan media sosial, konten yang menarik, dan strategi pemasaran digital yang tepat. Sediakan konten yang relevan, informatif, dan menarik secara visual. Selain itu, interaksi langsung dengan audience melalui komentar, pesan, dan tanggapan juga dapat meningkatkan keterlibatan. Menggunakan tanda-tanda digital seperti hashtag, gambar, dan video juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menciptakan keterlibatan yang lebih besar. Ikuti tren dan adaptasikan ke dalam strategi pemasaran untuk tetap relevan dan menarik bagi pemirsa Anda.

Apa saja kesalahan atau kendala umum yang harus dihindari ketika menggunakan digital signage untuk tujuan keterlibatan?

Beberapa kesalahan atau kendala umum yang harus dihindari yaitu kurangnya relevansi konten, kurangnya interaksi dengan audience, dan tidak memahami platform yang digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami target audience dan menyajikan konten yang relevan serta menarik bagi mereka. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan mereka melalui komentar, tanggapan, atau diskusi untuk membangun hubungan yang lebih kuat. Terakhir, pahami platform yang digunakan seperti media sosial atau website agar implementasinya lebih efektif.

Bagaimana perusahaan dapat mengukur efektivitas strategi keterlibatan dan melakukan perbaikan berdasarkan data?

Perusahaan dapat mengukur efektivitas strategi keterlibatan dengan menggunakan beberapa metrik kunci seperti tingkat klik, tingkat konversi, waktu tinggal pengguna, dan tingkat interaksi sosial. Melalui alat analitik digital, perusahaan dapat melacak dan menganalisis data ini untuk mengevaluasi performa engagement. Jika data menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, perusahaan dapat melakukan perbaikan dengan mempelajari tren dan preferensi pengguna, menguji variasi konten, serta mengoptimalkan pengalaman pengguna. Dengan pendekatan berbasis data, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas strategi keterlibatan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Apakah ada elemen desain atau konten tertentu yang sangat efektif dalam menarik perhatian audience dan mendorong keterlibatan?

Beberapa elemen desain atau konten yang sangat efektif dalam menarik perhatian dan mendorong keterlibatan adalah penggunaan warna yang kontras dan menarik, penggunaan teks yang jelas dan mudah dibaca, serta penggunaan gambar atau grafik yang menarik dan relevan. Selain itu, menyediakan informasi yang relevan dan berguna juga dapat meningkatkan keterlibatan. Penggunaan animasi atau gerakan yang halus juga dapat menarik perhatian dan membuat konten digital signage lebih menarik.

Digital Signage: Mengubah Komunikasi dan Keterlibatan di Era Digital

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

+6281213395757