Transformasi digital telah merambah ke berbagai sektor industri, termasuk transportasi. Perubahan ini sangat terlihat di bandara, stasiun kereta api, dan pusat transportasi lainnya. Saat berada di area yang baru direnovasi, Anda akan melihat info kedatangan dan keberangkatan di layar LED yang terus diperbarui secara real-time; ini memudahkan para pelancong untuk melihat informasi tersebut dari berbagai sudut. Selain itu, signage digital untuk penunjuk arah membantu orang menemukan gate-nya untuk menaiki pesawat, kereta api, atau bus, serta memberikan rute tercepat ke tempat pengambilan bagasi dan rental kendaraan, yang pada akhirnya membantu mereka menghemat waktu.
Fasilitas transportasi kini menyediakan informasi penting lainnya untuk meningkatkan pengalaman pelancong. Mereka dapat melihat menu digital di cafe/restoran atau menemukan daftar buku terlaris atau promosi barang-barang yang membuat perjalanan mereka lebih menyenangkan. Perangkat ini juga dapat memberikan informasi penting kepada pelancong, seperti info cuaca, keterlambatan, dan bahkan berita terbaru.
Layanan mandiri juga mulai diterapkan di industri transportasi. Sekarang pelancong dapat mengelola tugas-tugas mereka sendiri, mulai dari tiket boarding hingga memesan di kafe, atau melakukan pembayaran di toko. Solusi layanan mandiri dengan layar sentuh memungkinkan mereka untuk melewati antrian, menghemat waktu, dan memiliki kontrol yang lebih besar atas pengalaman mereka.
Apa yang mendorong transformasi digital di industri transportasi? Sejak tahun 2020, setiap renovasi bandara atau pusat transportasi telah mencakup solusi digital yang memberikan akses yang lebih mudah kepada informasi dan opsi layanan mandiri bagi para pelancong. Berikut adalah beberapa faktor yang mendorong implementasi teknologi di sektor transportasi:
Manajemen harus memanfaatkan tenaga kerja yang tersedia sebaik mungkin untuk menjaga operasional tetap berjalan sesuai jadwal. Menawarkan penunjuk arah digital, akses informasi, dan pemesanan serta pembayaran mandiri memungkinkan manajer mengalokasikan tenaga kerja untuk tugas-tugas kritis daripada terus-menerus menangani pertanyaan para pelancong.
Menjual ruang iklan di bandara dan pusat transportasi lainnya adalah usaha yang menguntungkan. Perusahaan/bisnins ingin menyampaikan pesan mereka kepada ribuan pelancong yang melewati signage digital ini setiap hari. Selain itu, iklan untuk produk-produk yang diminati di toko bebas cukai dapat memengaruhi pembelian dan membangun pendapatan bagi merek dan pusat transportasi.
Pusat-pusat transportasi harus memodernisasi diri untuk mempermudah integrasi dengan mitra mereka dan memberikan pengalaman sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Meskipun implementasi teknologi baru membutuhkan waktu karena memerlukan persetujuan dan alokasi anggaran, tetapi tetap penting bagi organisasi ini untuk maju guna memungkinkan pertukaran data yang efisien, mengotomatisasi proses, dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pengalaman perjalanan mereka.
Diharapkan industri transportasi akan terus mencari cara untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan operasional mereka. Kecerdasan buatan (AI), yang sudah digunakan untuk verifikasi ID dan keamanan di banyak bandara dan pusat transportasi, akan memainkan peran yang lebih besar di masa depan. Misalnya, penerapan AI pada solusi signage digital dan wayfinding multibahasa yang memungkinkan pelancong mendapatkan informasi dalam bahasa pilihan mereka.
Bandara juga akan menemukan cara baru untuk menggunakan AI, misalnya dengan menganalisis pola lalu lintas pejalan untuk meminimalkan kerumunan atau untuk mengumpulkan data demografis tentang orang-orang yang berhenti melihat iklan atau produk, sehingga meningkatkan value bagi pengiklan. Bandara dan pusat transportasi juga mungkin meningkatkan kenyamanan pelancong dengan memanfaatkan perangkat mobile pribadi. Misal, memindai kode QR untuk memuat petunjuk arah di smartphone mereka, melakukan pembayaran, atau memesan makanan.
Selain itu, diharapkan autentikasi biometrik akan semakin lazim, yang memungkinkan pelancong untuk memverifikasi identitas mereka dan bahkan melakukan pembelian dengan sidik jari dan wajah. Pusat-pusat transportasi juga sedang menjelajahi penggunaan robot untuk tugas-tugas yang memakan waktu, seperti mengirimkan barang-barang di bandara yang luas atau kebersihan atau meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan informasi atau bahkan menemani pelancong ke gate mereka.
Transformasi digital telah dimulai, hal ini akan terus berlanjut dan kemungkinan besar akan berakselerasi karena manfaat dari efisiensi yang lebih besar, pendapatan tambahan, dan pengalaman yang ditingkatkan dengan mudah akan membenarkan investasi tersebut. Solusi signage digital dan layar sentuh membuat perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan bagi konsumen serta membuat perjalanan lebih ekonomis bagi penyedia transportasi — sebuah tren yang akan terus berkembang.
Leave a Reply